READY PC RAKITAN & SERVER UNBK NEW 2017. TELP 081333352200


Mau Komputer Tak Cepat Panas? Ini Cara Membersihkannya


Komputer yang cepat panas biasanya merupakan awal berbagai masalah, yang jika tidak diatasi, bisa membuat komputer anda cepat rusak. Akan tetapi, tahukah anda bahwa komputer yang cepat panas bisa jadi disebabkan oleh kebiasaan buruk anda sendiri? Beberapa macam kebiasaan buruk saat memakai komputer dapat menyebabkan gangguan komponen yang ada di dalam mesin sehingga komputer jadi tidak bisa bekerja dengan sempurna. Selain itu, metode pembersihan bagian dalam komputer yang kurang sempurna juga bisa menyebabkan gangguan yang ujung-ujungnya membuat komputer cepat panas. Maunya membersihkan dengan rinci, malah merusak komputer. Sayang sekali, bukan?

Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan saat anda membersihkan komputer, agar komputer anda kemudian tidak cepat panas dan rusak saat dipakai:

  • Selalu gunakan cairan pembersih khusus komputer baik untuk membersihkan bagian luar maupun komponen di dalamnya.

  • Jangan pernah langsung menyemprotkan cairan pembersih langsung ke permukaan apapun di komputer anda. Cara yang dianjurkan adalah menyemprotkan cairannya dulu ke permukaan kain yang bersih dan kering, baru gunakan kain itu untuk membersihkan. Lebih baik lagi jika kain itu memang yang sudah disediakan dalam paket alat pembersih.

  • Selalu tanyakan pada penjual aksesori dan pembersih komputer tentang kandungan cairan pembersih; apakah cukup aman untuk disemprotkan langsung atau sebaiknya dilarutkan dulu dengan air? Jangan nekat menggunakan cairan alkohol yang ada di rumah atau cairan apapun yang bukan pembersih komputer karena bisa jadi kandungannya tidak cocok untuk komponen di dalamnya.

  • Jangan lupa untuk selalu mematikan komputer dan mencabut kabelnya dari steker saat membersihkan agar tidak terjadi korslet atau sengatan listrik.

  • Hati-hati untuk tidak mencabut komponen kecil apapun saat anda membersihkan bagian dalam komputer, baik sengaja maupun tidak. Jika ingin membersihkan celah-celah sempit, gunakan kapas pengorek telinga yang jenis kapasnya kapasnya tidak mudah rontok.

Jika anda tidak terlalu yakin akan suatu cara pembersihan komponen di bagian dalam komputer, jangan lupa untuk bertanya pada penjual komputer. Selain dari cara pembersihannya, anda juga bisa menjaga agar komputer tidak mudah panas dengan mengurangi berbagai kebiasaan buruk saat menggunakan komputer. Contohnya, anda sebaiknya tidak makan atau minum apapun sambil menggunakan komputer, karena remah-remah, cairan atau kuah yang terciprat dan terjatuh dapat terselip di komponen serta mengakibatkan berbagai gangguan atau kerusakan (seperti mesin yang cepat panas). Jangan pula merokok sambil mengetik karena anda bisa jadi menjatuhkan abu ke sela-sela keyboard atau masuk ke rongga-rongga motherboard. Pasang penutup keyboard transparan untuk mengurangi masuknya debu dan kotoran ke sela-sela keyboard yang dapat menyumbat komponen serta mengakibatkan mesin komputer cepat panas.