READY PC RAKITAN & SERVER UNBK NEW 2017. TELP 081333352200


Tips Menggunakan Komputer Secara Ergonomis


Pemakaian komputer secara ergonomis berarti anda memakai komputer sedemikian rupa sehingga anda bisa merasa nyaman secara fisik dan tidak akan menderita gangguan jangka panjang akibat pemakaian yang secara ergonomis tidak tepat. Sayangnya, ketika sudah tenggelam dalam pekerjaan, film atau permainan di komputer, kita seringkali tidak sadar bahwa kita duduk dengan posisi yang keliru seperti membungkuk atau miring, atau menyetel komputer sedemikian rupa sehingga membuat mata kita menderita, atau harus duduk dalam posisi buruk ketika mengetik selama berjam-jam karena tangan dan tubuh anda kekurangan ruang untuk bermanuver. Ketika anda menggunakan komputer, ada baiknya anda ingat menyetel komputer atau memposisikan tubuh sedemikian rupa sehingga pemakaian komputer yang lama tidak membuat anda menderita.

Berikut adalah beberapa cara sederhana namun efektif untuk membantu anda menggunakan komputer dengan cara yang lebih ergonomis:

  • Posisikan papan ketik agak lebih rendah daripada dada anda, agar lengan dan pergelangan tangan berada di posisi alami saat anda mengetik lama. Hal inilah yang menyebabkan banyak kantor atau laboratorium komputer sekolah menempatkan papan ketik di laci khusus papan ketik di meja komputer. Jika meja anda adalah meja biasa dan papan hanya bisa ditaruh di permukaannya, sebaiknya anda membeli kursi yang agak tinggi.

  • Posisikan layar komputer sedemikian rupa sehingga leher anda bisa selalu berada di posisi netral dan anda tidak perlu membungkuk untuk melihat apa yang tertulis di layar dengan jelas. Jika anda membeli komputer desktop, belilah tipe yang layarnya bisa diubah-ubah posisinya untuk pemakaian komputer yang lebih ergonomis.

  • Tempatkan mouse di posisi yang bisa membuat siku anda diam di dekat tubuh anda dan lengan bergerak secara alami, tanpa perlu dimajukan. Idealnya, mouse ditempatkan sejajar dengan papan ketik dan tiap sisi papan ketik diberi cukup tempat untuk manuver mouse serta ganti tangan, siapa tahu tangan anda yang biasa memegang mouse perlu diistirahatkan.

  • Usahakan pencahayaan di ruang kerja anda sedemikian rupa sehingga layar tidak membuat mata anda silau dan tidak ada bayangan atau pantulan yang membuat mata anda bekerja terlalu keras. Atur letak meja, komputer dan pencahayaan sejak awal anda menggunakan ruangan tersebut atau pilih tempat duduk di posisi dimana pantulan cahaya tidak memantul langsung ke layar.

Dalam usaha pemakaian komputer secara ergonomis, tubuh anda juga harus aktif. Duduklah dengan posisi punggung tegak dan di jarak sedemikian rupa sehingga anda tidak perlu sering-sering membungkuk atau duduk miring. Berdirilah setiap setengah jam dan regangkan otot-otot tubuh serta berjalan-jalan sedikit agar tidak ada gangguan otot dan tulang seperti pegal. Stop melihat monitor setiap 10 atau 15 menit dan lihatlah ke titik yang agak jauh seperti jam dinding atau kenop pintu.